Minggu, 30 Oktober 2016

INVITA 2016

Sudah menjadi budaya labschool. Kegiatan INVITA adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh labschool untuk kelas 8.
           Kepanjangan invita adalah industry visit and tafakur alam (Kunjungan industri dan kontemplasi alam). Kegiatan invita ini bertujuan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Angkatan 24 Labschool Rawamangun (LabsRaw) berangkat menuju gambir untuk menggunakan kereta api yang bertujuan jogja. Saya berangkat ke jogja menggunakan kereta api Argo lawu, dari stasiun gambir sampai stasiun tugu, jogja.kita menunggu nsangat lama di stasiun gambir, tergantung kedatangan, saya sampai digambir pada pukul 17:00 setelah itu ada pembagian boarding pass atau disebut juga tiket kereta. Setelah tiketnya diverifikasi. Kita bersiap- siap untuk sholat maghrib dan isya jamak qasar.

Setelah sholat, kita menuju kereta dan duduk sesuai tiket yang didapat. Ceritanya agak aneh siapa yang disebelah saya. Saya ingin cepat cepat pindah dari tempat duduk yang saya tempati itu.akhirnya aku pindah, dan duduk bersama teman saya yaitu Faizi. Di kereta saya sangat menikmati saat saat yang asyik. Keretanya tentunya nyaman, tetapi untuk posisi kakinya, tidak nyaman sehingga membuat saya sulit untuk tidur. Setelah saat yang lama, akhirnya saya tertidur juga walaupun hanya 2 jam saja. Setelah sampai., beratnya kekuatan untuk membangunkan tubuh (males). Saya menaiki bus Rahma wisata dan diatur oleh kusuma wisata. Pagi hari, kita bersih bersih dan sarapan di restoran Candimas, kita juga sholat subuh disana. Kita pun selesai dari sana dan menuju jebret, jebret, jebret yaitu Sabila Farm kebun buah naga asli. Perjalanan kesana memakan waktu yang cukup lama.

Saya pun tiba di Sabila Farm, saya adalah orang pertama dari rombongan labschool yang mengijak kaki di tanah Sabila Farm.  Disana saya diterangkan tentang teknik menanam buah naga. Setelah melihat teknik penanaman, saya diarahkan menuju ruang tonton untuk menonton film tentang sejarah Sabila Farm.
Akhirnya perjalanan dari Sabila Farm pun selesai. Berikutnya saya menuju PT. Sritex perusahaan Textil Terbesar di kawasan Asia Tenggara. Sritex ini dikenal dengan qualitasnya yang tinggi. Setelah mengunjungi Sritex saya menuju ke toko distributor kaos kaos jogja yang meyebarkan ke malioboro. Setelah selesai, inilah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu check in hotel. Kita mengalami perubahan rencana penginapan yang tadinya menginap di hotel Grand quality menjadi di hotel Cavinton. Di hotel, saya menyeduh pop mie bersama teman saya, Faizi M. hari sudah malam, karena mengalami kesulitan untuk tidur, akhirnya saya tertidur tengah malam.

bangun sebelum Azan subuh untuk mandi dan persiapan sholat. Sarapan pagi pun tiba, tidak buruk rasanya, tetapi mengenakkan.  Setelah sarapan, saya berangkat menuju keraton ngayogyakarta hadiningrat. Disana saya berfoto seangkatan. Disana, jalannya lumayan jauh dan yang paling berat adalah suhunya, temperaturnya, panasnya bukan main. Saya mendengarkan beberapa penjelasan tenang sejarah keraton dan mengambil foto keraton. Dikenakkan biaya Rp 1000,- bagi yang ingin memoto keraton jogja. Setelah dari keraton, tujuan berikutnya adalah membatik di kampung batik pertamina. Hasil karya saya tentang kerajinan sudah tidak perlu diragukan lagi, pastinya“bagus.”ternyata membatik  cukup sulit karena dibutuhkan kekuatan kulit untuk menahan panasnya lelehan dari bunga sedap malam dan kecepatan untuk menggambar pola. Setlah dari sana, saya melanjutkan perjalanan ke pantai parangtritis, yaitu pantai pasir hitam yang memiliki mitos “yang menggunakan pakaian warna hijau akan diculik oleh nyiroro kidul.”saya sangat senang disana walaupun tidak bernang atau nyebur. Karena saya menyewa motor ATV yang harganya cukup mahal yaitu sekitar Rp 50000.- untuk 10 menit saja. Perjalanan dari sana pun selesai, dan menuju ke tujuan berikutnya. Jalan malioboro lah yang menjadi tujuan terakhir pada hari itu. Disana saya hanya menemani teman saya Faizi untuk mampir ke Indomaret, kedengarannya sangat biasa, emang biasa, ya. Tujuan malioboro lah yang paling saya tidak senangi karena, menunggu lama dalam Bis yang panas dan pengap.
Setelah dari sana, akhirnya kita check in lagi di hotel, di hari itu, saya membuat tempat tidur saya sendiri yang disusun dari kursi empuk hotel dan dilapisi bantal ditambah dengan selimut.
Image: perjalanan INVITA 2016 di keraton

Morning call  hari terakhir untuk perjalanan INVITA ini, nah ini dia, makan pagi yang enaknya kelewatan, ini adalah waktu makan terbaik selama invita. Setelah check out dari hotel, kita menuju Gunung merapi untuk menikmati pemandangan, menggunakan bis menuju permberhentian mobil jeep  yang ada di gunung merapi, di saat inilah, off road time dimana perjalanan INVITA yang paling asyik. Goyang dumang dalam mobil jeep . setelah nyampai atas, saya pun mengambil foto saya yang bergaya cukup keren. Lalu saya turun dari gunung sangat cepat, karena mobil jeep yang saya naiki melewati lintasan potong atau jalan pintas.
Perjalanan selanjutnya adalah saya menuju Candi Borobudur, yang dulunya pernah masuk 7 ke ajaiban dunia.
Berkat ekskul bulu tangkis yang ikuti di Labschool, saya menjadi kuat untuk menanjak dan turun dari Borobudur. Saya mengambil Foto Candi Borobudur yang Indah dan megah itu. Akhirnya kita pun segera turun dari puncak Candi dan menuju pintu keluar melewati pasar, saya pun masih kuat berlari ketika sedang ada di pasar pintu keluar Wisata Candi Borobudur. Wisata pun berakhir, apa untungnya bagi keluarga dirumah kalau kita tidak membeli oleh-oleh khas daerah itu?. Kita pun mampir ke Djava, yang diakui dan dipilih oleh pemandu wisata kita, Kusuma Travel. Saya membeli 2 kotak Bakpia yang berasa Ubi ungu dan Keju, sayang, tester bakpia sedang tidak tersedia, ya sudah mau diapakkan lagi. Setelah dari sana, kita menuju stasiun tugu, jogja. Dan bersiap-siap untuk pulang, disana saya menunggu kereta Taksaka Malam dengan melakukan Sholat maghrib dan isya berjamaah, saya juga bermain catur disana, dan skak mat! Kereta datang.
Di kereta Taksaka malam ini, saya menikmati makan malam ayam KFC yang cukup populer. Kereta ini sudah berumur lama, sehingga agak terlihat kurang bersih, setelah bermain game HP bersama teman saya, Faizi, saya langsung persiapan tidur dan bangun pagi hari, jam 03:00. Persiapan turun dari kereta dan akhirnya saya sampai di stasiun gambir dengan selamat dan dijemput oleh tante dan om saya.

Perjalanan invita tahun ini, sangat seru, terutama ketika waktu makan, berkumpul bersama teman teman yang asyik dan baik baik. Demikian cerita INVITA tahun 2016 ini, terima kasih banyak..