Minggu, 09 Oktober 2016

Pengalaman UTS Labschool 2016

Pada tanggal 3 sampai 7 Oktober 2016 Labschool mengadakan Ujian Tengah Semester. Ujian ini diadakan sekali dalam satu semester dan diadakan selama 5 hari. Berhari-hari sebelum Ujian Tengah Semester kita harus beljar dengan giat supaya kita mendapatkan nilai yang memuaskan. Satu hari ada dua mata pelajaran yang diujiankan. Sebelum kita ujian kita mendapatkan kartu ujian. Cara mendapatkan kartu ujian adalah membayar uang sekolah sampai lunas dan membayar ekskul hhmmmm. Kalau belum mendapat kartu ujian saat waktu ujian dimulai, kita harus melaporkannya pada panitia UTS. Ujian Tengah Semester menggunakan kertas Lembar Jawaban Komputer. Kita menggunakan pensil 2b yang sudah diraut bersih. Saya biasanya belajar 2 mata pelajaran selama 1-3 jam. Biasanya ujiannya diadakan selama 90- 120 menit. Saat pulang saya langsung mandi. Setelah itu saya makan siang dan belajar untuk Ujian Tengah Semester. Pada saat hari-hari Ujian Tengah Semester siswa-siswa Labschool dipulangkan pada pukul 11.30. Biasanya pada saat Ujian Tengah Semester suasana kelas pada pelajaran tertentu sangat menegangkan. Pada saat saya belajar saya lebih suka belajar di teras. Setalah saya belajar saya main komputer atau handphone untuk hiburan. Soal-soal Ujian Tengah Semester biasanya terdiri dari lima puluh soal kecuali Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika yang terdiri dari 40 soal. Pada hari pertama Ujian Tengah Semester mata pelajaran yang diujiankan adalah pelajaran Pendidikan Agama dan Budipekerti dan bahasa Indonesia. Materi Pendidikan Agama dan Budipekerti yang Islam adalah bab 1 rendah hati dan hemat, bab 2 makanan halal dan haram dan yang terakhir bab 3 minuman keras judi dan pertengkaran. Untuk bahasa Indonesia materinya adalah teks berita dan puisi. Sebelum ujian saat pagi siswa-siswa dikumpulkan untuk berdoa. Setelah itu ujian jam pertama dimulai. Pada saat hari pertama jam pertamanya dimulai dan pelajaran yang diujiankan adalah bahasa Indonesia. Setelah bahasa Indonesia ada istirahat untuk ujian jam kedua. Saat istirahat saya dan teman-teman saya berkumpul didepan ruang pramuka untuk belajar dan makan. Istirahat diadakan selama 30-45 menit. Setelah Istirahat ujian jam kedua dimulai. Kali ini pelajaran yang diujiankan adalah Pendidikan Agama dan Budipekerti. Setelah Pendidikan Agama dan Budipekerti selesai siswa-siswa dipersilahkan untuk pulang. Siswa-siswa dipulangkan pada pukul 11.30. Saat pulang saya langsung mandi kemudian makan siang. Setelah itu saya sholat zuhur dan belajar untuk ujian besok.


 Hari selasa pelajaran yang diujiankan adalah matematika dan prakarya. Untuk matematika saya belajar dengan guru les selama sau jam. Dan untuk prakarya saya membaca rangkuman yang diberikan oleh guru saya disekolah. Saya belajar prakarya selama sekitar 20 menit. Pada saat hari selasa selesai ujian saya belajar PPKN dan Bahasa Inggris. Untuk PPKN banyak materinya seperti Ideologi dan Kedaulatan. Untuk PPKN saya belajar selama kurang lebih 80 menit. Untuk hari keempat pelajaran yang diujiankan adalah Ilmu Pengetahuan Alam dan Seni Budaya. Selama Ujian Tengah Semester pelajaran yang saya paling lama pelajari adalah Ilmu Pengetahuan Alam karena materinya yang banyak. Materinya adalah gerak pada hewan tumbuhan dan manusia. Dan untuk fisika gaya dan kecepatan. Saya belajar selama 3 jam. Untuk hari terakhir pelajaran yang diujiankan adalah Ilmu Pengetahuan Sosial dan Penjasorkes. Untuk IPS saya belajar lewat slide dan untuk penjasorkes saya belajar lewat rangkuman yang diberikan di sekolah. Itulah pengalaman UTS saya.

13 komentar: